contoh proposal penelitian di stai miftahul ulum tanjungpinang,. implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar di SDN 023 BATAM, PULAU MUBUT KECAMATAN GALANG KELURAHAN KARAS

IMPLEMENTASI PEMBERIAN CERITA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA     MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SDN 023 BATAM

A. Latar belakang
            Pendidikan agama merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup setiap manusia. Walaupun manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara  lahiriah melalui pendidikan umum namun kebutuhan spritual itu tidak akan dapat dicapai apabila tidak disertai dengan pendidikan agama Islam.
            Menurut Zakiyah Darajat setiap usaha kegiatan dan tindakan yang di sengaja untuk mencapai satu tujuan harus mempunyai landasan tempat berpijak yang baik dan kuat, oleh Karena itu pendidikan islam sebagai suatu usaha membentuk manusia.[1]
Berbicara pendidikan agama islam, baik makna maupun tujuannya haruslah mengacu pada penanaman nilai-nilai Islam dan tidak dibenarkan melupakan etika sosial atau moralitas sosial. Penanaman nilai-nilai ini juga dalam rangka menuai keberhasilan hidup (hasanah) di dunia bagi anak didik yang kemudian akan mampu membuahkan kebaikan (hasanah) di akhirat kelak.              
Perkembangan agama sejak masa kanak kanak memerlukan dorongan dan rangsangan sebagaimana pohon memerlukan air dan pupuk . minat dan motivasi anak perlu di tumbuh kembangkan kearah yang lebih baik dan terpuji melalui pendidikan, cara memberikan  pendidikan atau pengajaran agama haruslah sesuai dengan perkembangan psikologis anak didik. Oleh karena itu di butuhkan pendidik yang memiliki jiwa pendidik dan agama yang baik, supaya gerak geriknya menjadi teladan dan cerminan bagi anak didiknya.
Metode yang di gunakan dalam penyampaian pendidikan agama islam pada anak tentu berbeda dengan metode yang di gunakan oleh orang dewasa , hal ini sejalan dengan pendapat yang di kemukakan oleh zakiyah derajat bahwa : “ anak anak bukanlah orang dewasa yang kecil, kalau kita ingin agama mempunyai arti bagi mereka hendaklah di sampaikan dengan cara yang lebih konkrit dengan bahasa yang di pahami dan bisa di mengerti[2].
Cerita adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh guru kepada siswa siswinya. Orang tua kepada anak anaknya. Cerita merupakan kegiatan yang bersifat seni karena erat kaitanya dengan keindahan dan sandaran kepada kekuatan kata kata yang di gunakan untuk mencapai tujuan cerita.[3]
Di kaitkan dengan pembelajaran pai implementasi pemberian cerita islami merupakan salah satu tekhnik penyampaian yang di gunakan dalam proses pembelajaran, yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan tekhnik yang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran akan membantu guru dalam melaksanakan tugas dengan baik.
            Cerita islami adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau sesuatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain dalam bentuk cerita yang terbungkus religious.
            Banyak cerita islami yang dapat kita jadikan sebagai I’tibar baik di zaman sahabat maupun tabiit tabiin yang dapat membangkit semangat siswa dalam belajar pendidikan agama islam, dan dapat menumbuhkan rasa cinta siswa kepada agama islam yaitu agama keselamatan.
Dalam surah yusuf juga menjelaskan bahwa kisah kisah yang telah lalu seharusnya di jadikan pelajaran.
                                                                                                                                    لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ               Artinya : “Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi                       orang-orang yang berakal” (Q.S. Yusuf : 111)

Cerita islami merupakan cerita yang religious di ambil dari sejarah dan mampu membuat daya tarik atau  pembangkit serta dorongan bagi diri sendiri (guru ) maupun kepada siswa yang dapat  menyerap sebuah cerita dengan baik.
            Dalam Al quran , suatu kisah di tuturkan dengan nuansa akhlak untuk pendidikan keimanan kepada Allah dan amal saleh,dan paling utama dalam kehidupan  pribadi  dan  sosial.[4] cerita islami merupakan kisah atau suatu kejadian yang di sampaikan , yang tujuannya supaya siswa lebih memahami tujuan belajar agama islam , dan memahami bahwa belajar agama islam adalah sangat penting.
Pemberian cerita islami di gunakan oleh guru sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa , motivasi belajar siswa akan dapat meningkat dan hasil belajar siswa akan lebih baik. Karena motivasi dapat memberikan dorongan kepada siswa agar lebih fokus dalam belajar.
            Menurut M Manullang motivasi adalah pemberian motif, penimbulan motif dan hal yang menimbulkan dorongan. Motivasi  dapat pula diartikan faktor yang mendorong orang untuk bertindak.[5] 
            Menurut Azwar  Perubahan motivasi  yang diperoleh berdasarkan pendekatan komunikasi juga dapat dilihat melalui perubahan sikap yang ditimbulkan.  Perubahan sikap yang ditimbulkan akibat proses komunikasi yang tergantung akan beberapa hal seperti kredibilitas, daya tarik dan kekuatan komunikator serta isi dari pesan atau informasi itu sendiri efektif dilihat dalam selang waktu 10-14 hari. [6]
            Motivasi belajar merupakan  usaha-usaha seseorang (siswa) untuk menyediakan segala daya (kondisi-kondisi) untuk belajar sehingga ia mau atau ingin melakukan proses pembelajaran. Tanpa adanya motivasi tidak akan mungkin terjadi belajar. Jadi, perhatiannya akan lebih intensif dengan adanya motivasi dalam diri seseorang untuk mempelajari materi pelajaran tersebut sehingga seorang siswa menaruh minat terhadap materi pelajaran  
Namun pada kenyataanya penulis mendapati , untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam tidaklah mudah seperti di bayangkan. Hal ini dapat di lihat ketika observasi awal di mana siswa mempunyai motivasi yang rendah untuk belajar, dapat di lihat  dari gejala gejala sebagai berikut :
1.      Masih ada sebagian siswa yang belajarnya  main main
2.      Masih ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan dengan baik penjelasan guru
3.      Masih ada sebagian siswa yang tidak serius dalam belajar pendidikan agama islam
4.      Masih ada sebagian siswa kesadaranya masih rendah untuk belajar pendidikan agama islam
5.      Masih ada  sebagian siswa yang berkeliaran di dalam kelas maupun di luar kelas ketika pelajaran berlangsung
6.      Masih ada sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas yang di berikan guru .

Dengan melihat gejala gejala di atas ,maka  penulis tertarik untuk mengadakan sebuah penelitian dengan mengambil judul : IMPLEMENTASI PEMBERIAN CERITA ISLAMI  DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 023 BATAM.

B.  Penegasan Istilah
Untuk menghindari kesalah pahaman dalam penelitian nantinya maka penulis jelaskan istilah istilah yang berkenaan dengan judul di atas, Yakni :
1.      Implementasi menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah : penerapan atau pelaksanaan[7]
2.      Cerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya)[8].
Islami adalah bersifat keislaman.[9] cerita islami yang penulis maksudkan adalah cerita islami yang lebih kontenporer yang bukan hanya mengisahkan tentang nabi dan rasul, tapi berkaitan dengan kehidupan zaman nabi, sahabat nabi, serta orang orang setelah nabi.
3.      Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan entusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik).[10]
4.      Belajar adalah proses yang mencoba untuk mendapatkan perubahan prilakau sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.[11]
5.      Pendidikan agama islam  dalam bahasa arabnya adalah “tarbiyah  islamiyah”,[12]
6.      SDN 023 BATAM adalah tempat penulis ingin melaksanakan penelitian

C. Permasalahan
1.   Identifikasi Masalah
a)      bagaimana implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
b)      Bagaimana motivasi belajar siswa SDN 023 dalam belajar PAI
c)      Apa saja upaya yang di lakukan guru SD 023 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
d)     bagaimana implementasi cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD 023 Batam
e)      faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar Pendidikan Agama islam.

2. Batasan Masalah
Permasalahan di batasi oleh variable yang di teliti , yaitu : bagaimana implementasi pemberian Cerita Islami dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 023 BATAM.

3.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat di rumuskan permasalahan sebagai berikut :
a.       bagaimana implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam di SDN 023 BATAM?
b.      faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata peajaran Pendidikan Agama islam di SDN 023 BATAM ?



D.  Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.   Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah :
a)      untuk mengetahui bagaimana implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam ?
b)       untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama islam ?

2. Manfaat  Penelitian
a)      untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi penulis di sekolah tinggi agama islam miftahul ulum tanjungpinang pada program studi pendidikan Agama islam.
b)      untuk menumbuhkembangkan pengetahuan , gagasan dan wawasan pemikiran penulis dalam kajian ilmiah serta untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
c)      untuk memberi pemikiran yang positif dan membangun sebagai bentuk perbaikan dan pengaplikasian ilmu yang telah di peroleh selama menempuh pendidikan si Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang dengan membuat penelitian secara ilmiah dan sistematis.
d)     dengan penelitian ini dapat di harapkan dapat memberi informasi kepada masyarakat  SD 023 BATAM  untuk di carikan alternatif pemecahan, di samping itu dapat menambah referensi perpustakaan.

E. . Konsep Teoritis Yang Relevan
      1.                Implementasi Cerita islami
             Implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan yang di lakukan seseorang guru dalam menyampaikan sebuah cerita islami supaya anak didik dapat lebih memahami apa yang di paparkan oleh guru.
             cerita islami  adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau sesuatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain yang mengisahkan tentang sejarah islam,
Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “felling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pai adalah,  pengajaran tambahan dengan cara tersendiri dengan maksud memberikan pemahaman lebih kepada siswa agar bisa semangat untuk mempelajari agama islam,  meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan agama Islam dengan baik. contoh memberi motivasi dengan cerita islami rasulullah ketika perang atau perjalanan beliau ketika berdakwah . supaya siswa mampu mempelajari dengan sungguh sungguh ketika belajar Pendidikan Agama islam.
Pemberian implementasi Cerita islami Bertujuan Agar :
1.      siswa dapat termotivasi dan mecintai serta memperdalam ilmu pendidikan agama islam , dan menjadikan siswa yang berakhlak mulia Serta dapat membentuk siswa menjadi :
a.       siswa yang beriman dan bertakwa keapada tuhan YME
b.      berbudi pekerti luhur
c.       memiliki pengetahuan
d.      memiliki keterampilan

F.     Konsep Operasional
adapun konsep operasional Peran cerita islami dalam meningkatkan motivasi siswa  dikatakan berhasil dengan indikator :


1.      Indikator implementasi pemberian cerita islami terhadap motivasi belajar siswa.
Variabel                                Sub variable
Indikator
Implementasi                   meningkatkan motivasi
pemberian cerita              belajar
 islami  
1)      Menumbuhkan persaingan yang sehat dalam belajar.
2)      Menyenangkan dalam belajar
3)      Siswa bekerja sama, saling membantu
4)      Siswa aktif dalam bertanya
5)      Siswa melaksanakan tugas yang diberikan
6)      Menggunakan berbagai sumber
7)      Siswa tidak bosan/jenuh
8)      Siswa kreatif
9)      Menerima pelajaran dengan baik
10)  Rajin dalam mengerjakan tugas
11)  Tekun dalam belajar
12)  Senang belajar mandiri
13)  Berani mempertahankan pendapat bila benar.
14)  Siswa bertanggungjawab.
15)  Menghadapi kesulitan (tidak cepat menyerah)
16)  Siswa mampu menjawab pertanyaan
17)  Siswa senang mengerjakan soal-soal
18)  Disiplin dalam belajar

G.    Waktu dan Tempat Penelitian
1.      Waktu Penelitian
Untuk menjelaskan penelitian ini penulis memperkirakan memakan waktu 3 (tiga) bulan yakni juni sampai agustus 2016. Bulan juni di pergunakan untuk mengumpulkan data tentang jumlah siswa SDN 023 BATAM Setelah itu data diperinci pada bulan agustus , dilanjutkan dengan membagi angket ke siswa SD 023 BATAM dengan jumlah sampel yang telah ditetapkan. Mengumpulkan angket sekaligus mengoreksi terhadap angket tersebut.

2.      Tempat Penelitian
Penelitian ini bertempat di SDN 023 BATAM, di Pulau Mubut kelurahan karas kecamatan galang kota batam.

H.    Subjek dan Objek Penelitian
1.      Subjek
Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa di kelas I-VI  di SD Negeri 023 batam
2.      Objek
Adapun sebagai objek penelitian ini adalah implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 023 BATAM .

I.       Populasi dan sampel
1.      Populasi
Populasi adalah sekelompok individu atau objek yang akan memiliki karakteristik sama.[13] Populasi penelitian adalah siswa kelas I-VI  SDN 023 BATAM berjumlah 45 orang siswa . oleh karena populasi tersebut tidak memungkinkan untuk di jangkau penulis, maka penulis mengadakan pengambilan sampel.


2.      Sampel
Sampel atau contoh adalah sebagian dari populasi elemen-elemen anggota Sampel,merupakan anggota populasi dari mana populasi di ambil.[14] Dalam menentukan sampel yang di ambil , penulis mengacu kepada pendapat suharsimi arikunto, yaitu : “ apabila subjeknya kurang dari 100 orang atau lebih, lebih baik jumlah populasi tersebut di ambil semuanya sehingga menjadi penelitian populasi, namun apabila jumlah subjeknya besar atau lebih dari 100 orang dapat di ambil antara 10-15% atau 20-25 % atau lebih[15]
    Berdasarkan pendapat di atas maka peneliti mengambil jumlah seluruh siswa kelas I-VI di SDN 023 BATAM ,untuk di jadikan sampel yaitu sebanyak 45 siswa. Sehingga penelitian ini di namakan penelitian populasi.

J.      Teknik Pengumpulan Data
Untuk mendapat data yang sesuai dengan masalah yang dikaji atau diteliti, penulis mempergunakan teknik-teknik sebagai berikut :
1.      Angket
Teknik ini merupakan teknik yang paling dominan dipakai dalam penelitian ini. Teknik ini digunakan untuk memperoleh data tentang imlementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama islam di SDN 023 BATAM
2.      Observasi
Teknik ini digunakan untuk mengamati fakta-fakta atau kondisi yang nyata sehubungan dengan implementasi pemberian cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama islam di SDN 023 BATAM.
3.      Wawancara
Teknik ini digunakan untuk memewancarai langsung yang berhubungan dengan implementasi pemberian  cerita islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama islam di SDN 023 BATAM
4.      Dokumentasi
Teknik pengumpulan data yang berupa foto foto yang berhubungan dengan penelitian dan di ambil saat penelitian sedang berlangsung. Teknik ini berguna untuk menjadi bukti fisik dalam penelitian dan dapat di pertanggung jawabkan kebenaranya.






K .Teknik Analisa Data
1.      Untuk menganalisa bagaimana implementasi pemberian cerita islami dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, penulis menggunakan rumus presentase sebagai berikut:

         F
P  =           x 100%
            N
Keterangan :
P   =  Persentase yang dicari
F   =  Frekwensi/Jumlah skor
N  =  Jumlah keseluruhan responden







                                                DAFTAR PUSTAKA
Budiman candra, pengantar statistic kesehatan . (Jakarta : penerbit buku kedokteran
EGC .1995)hlm.37
AM, Sardiman. Interaksi dan motivasi belajar mengajar . ( Jakarta : raja
grafindo.2007)hlm.64
Slameto, psikologi Belajar ,( Jakarta : rineka cipta.1999)hlm.94
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: PT Bumi Aksara.2012).hlm.19
Drajat, zakiah ,ilmu jiwa agama ,( Jakarta : bulan bintang ,1996 ) hlm. 41
Soekanto, Seni cerita islami ( Jakarta : bumi mitra pers , 2001 ) hlm.9
Ma’rifat , MH .kisah kisah al quran antara fakta dan metafora (griya aksara hikmah
            .2009 ) hlm.37
Manullang,M. Manajemen dan Personalia.(Jakarta : Ghalia Indonesia.1982 )  
Azwar,S. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya.(Yogyakarta : Pustaka
            Belajar.1995)
Js, badudu, kamus umum bahasa indonesia ( Jakarta : pustaka sinar harapan , 1996 )
hlm.1487
Anas,azwar kamus bahasa indonesia terlengkap. (Yogyakarta : mitra buku   
2013)hlm.36
Kamus besar bahasa Indonesia , kamus versi online tentang islami “ di akses dari
http://kbbi.web.id/islami
Supranto. Teknik Sampling Untuk Survey & Eksperimen. (Jakarta : PT RINEKA
 CIPTA. 2007). Hlm.9
Skripsi pemahaman pendidikan agama dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan ibadah
siswa mts al falah Jakarta selatan,Jakarta, UIN syarif hidayatullah 2006




















[1] Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: PT Bumi Aksara.2012).hlm.19
[2] Drajat, zakiah ,ilmu jiwa agama ,( Jakarta : bulan bintang ,1996 ) hlm. 41
[3] Soekanto, Seni cerita islami ( Jakarta : bumi mitra pers , 2001 ) hlm.9
[4] Ma’rifat , MH .kisah kisah al quran antara fakta dan metafora (griya aksara hikmah .2009 ) hlm.37
[5] Manullang,M. Manajemen dan Personalia.(Jakarta : Ghalia Indonesia.1982 )  

[6]Azwar,S. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya.(Yogyakarta : Pustaka Belajar.1995)
[7] Js, badudu, kamus umum bahasa indonesia ( Jakarta : pustaka sinar harapan , 1996 ) hlm.1487
[8]Anas,azwar .kamus bahasa indonesia terlengkap. (Yogyakarta : mitra buku 2013)hlm.36
[9] Kamus besar bahasa Indonesia , kamus versi online tentang islami “ di akses dari http://kbbi.web.id/islami
[10]AM, Sardiman. Interaksi dan motivasi belajar mengajar . ( Jakarta :raja grafindo.2007)hlm.64
[11] Slameto, psikologi Belajar ,( Jakarta : rineka cipta.1999)hlm.94
[12] Op.cit.hlm25
[13] Budiman candra, pengantar statistic kesehatan . (Jakarta : penerbit buku kedokteran EGC .1995)hlm.37
[14] Supranto. Teknik Sampling Untuk Survey & Eksperimen. (Jakarta : PT RINEKA CIPTA. 2007). Hlm.9
[15]Skripsi pemahaman pendidikan agama dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan ibadah siswa mts al falah Jakarta selatan,Jakarta, UIN syarif hidayatullah 2006

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengobati terkena Ikan lepu dan sembilang serta ikan berbisa lainya

IKAN TOKAK

Pondok buruk Film mengharukan dan buat menangis