waktu sahur yang utama dan tepat



Sahur yang dianjurkan Rasulullah
1. Dari Anas r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Bersahurlah engkau semua, karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahannya.” (Muttafaq ‘alaih)
2. Dari Zaid bin Tsabit r.a., katanya: “Kita bersahur bersama Rasulullah s.a.w. kemudian kita berdiri untuk melakukan shalat -yakni shalat Subuh.” Kepadanya ditanyakan: “Berapa jarak waktu antara keduanya itu?” Yakni antara selesainya sahur dengan berdirinya untuk shalat Subuh. la menjawab: “Sekira cukup membaca limapuluh ayat.” (Muttafaq ‘alaih)
dalam hadits yang kedua dijelaskan waktu antara sahur dengan shalat subuh yakni sekitar 50 ayat membaca al-qur’an,kalau dihitung dengan bacaan murottal ialah sekitar 7-15 menit sebelum subuh perkiraan tersebut bisa berubah dengan dan bagaimana seseorang membaca Al-qur’an namun di sisi lain dapat disimpulkan bahwa bacaan 50 ayat selambat-lambatnya ialah 45 menit jika kita melihat waktu subuh adalah sekitar jam 4.30 maka kita di utamakan sahur pada jam 3.15 atau dapat lebih selagi kita belum masuk waktu fajar.
hadits lain mengenai jarak rasulullah  sahur :
3. Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Rasulullah s.a.vv. itu mempunyar dua orang juru azan, yaitu Bilal dan Ibnu Ummi Maktum. Rasulullah s.a.w. bersabda:
“Sesungguhnya Bilal itu berazan di waktu masih malam – yakni sebelum menyingsingnya fajar sadik, maka makanlah dan minumlah engkau semua – untuk bersahur – sehingga Ibnu Ummi Maktum berazan – sebagai tanda masuknya waktu Subuh.”

dari semua hadits diatas dapat kita simpulkan bahwa waktu sahur yang tepat ialah sekitar 15-30 menit sebelum fajar/subuh tiba.
Rasulullah sudah menyontohkan yang baik-baik bagi kita maka manfaatkanlah segala keringanan yang diberikan olehnya kepada kita
pada intinya , abis sahur jangan sampai tertidur, dan lalai sholat subuh


Comments

Popular posts from this blog

Cara mengobati terkena Ikan lepu dan sembilang serta ikan berbisa lainya

IKAN TOKAK

Pondok buruk Film mengharukan dan buat menangis